Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Merekrut Karyawan

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Merekrut Karyawan

Growing –┬áDiterima bekerja di perusahaan besar setelah mendapatkan gelar sarjana adalah hal yang membahagiakan. Bukan hanya untukmu, tapi juga untuk orang tuamu dan orang-orang yang selalu mendukungmu.

Karena prosesnya tidak mudah. Agar Anda dapat bersaing dengan kandidat lainnya, cari tahu apa yang paling banyak dicari oleh perusahaan berikut ini.

1. Kepribadian karyawan

Hal pertama yang dilihat perekrut adalah kepribadian Anda. Secara umum, mereka dapat mengetahui dari saat Anda masuk ke ruangan, cara Anda berbicara, berpakaian, dan melakukan kontak mata.

Anda tidak bisa memalsukan kepribadian Anda di depan mereka. Jadi realistislah karena kalau punya makanan pasti diterima meski banyak kekurangan.

2. Kemampuan beradaptasi

Menjadi pintar dan berpendidikan saja tidak cukup karena perusahaan membutuhkan karyawan yang cepat beradaptasi dengan lingkungan baru. Karena setelah diterima, Anda harus mengikuti instruksi kerja perusahaan seperti karyawan lainnya.

Selain itu, Anda juga harus berbaur dengan karyawan lain untuk memudahkan proses belajar sistem dan cara bekerja di perusahaan. Tanpa kemampuan beradaptasi yang baik, bisa dipastikan Anda tidak akan betah bekerja di sana.

3. Semangat bekerja

Setiap perusahaan pasti mencari karyawan yang memiliki passion dalam bekerja. Dalam arti memiliki semangat yang tinggi untuk menyelesaikan pekerjaan dan selalu memberikan yang terbaik.

Anda yang memiliki sifat ini patut berbangga karena jika diimbangi dengan performa puncak, ada kemungkinan Anda akan membawanya ke level selanjutnya. Tujuannya adalah untuk tetap menunjukkan antusiasme di depan perekrut untuk meningkatkan minat mereka pada Anda.

4. Komunikasi yang baik

Perekrut juga menilai cara berkomunikasi, terutama untuk pekerjaan yang berhubungan dengan konsumen atau pelanggan. Komunikasi yang baik memudahkan penyampaian informasi kepada orang lain, yang membantu meminimalkan masalah miskomunikasi.

Komunikasi adalah keterampilan yang dapat dipelajari, tetapi pertama-tama Anda harus memiliki dasar-dasarnya. Anda hanya perlu menyempurnakannya nanti, sehingga keterampilan Anda dapat berkembang dengan cepat selama latihan.

5. Karyawan setia

Tidak peduli seberapa pintar seorang kandidat, perusahaan lebih tertarik pada karyawan yang loyal. Dengan loyalitas tersebut, perusahaan tidak perlu bolak-balik membuka posisi untuk mengisi posisi yang sama. Jauh lebih efisien, efektif dan menguntungkan.

Bagi Anda yang sudah memiliki pengalaman, perekrut biasanya akan melihat berapa lama Anda bekerja di perusahaan sebelumnya. Jika Anda terlalu sering berpindah tempat kerja, peluang Anda untuk diterima sangat tipis.

6. Mau belajar

Di dunia kerja, kami tidak hanya membiarkan Anda melakukan sesuatu. Mereka akan mengejar Anda sedikit demi sedikit, tetapi dalam waktu yang lebih singkat dan secara profesional karena ada banyak hal yang harus dilakukan.

Dengan kemauan yang besar untuk belajar, perusahaan akan membandingkan Anda dengan pelamar lain. Karena perusahaan ingin terus berkembang, karyawan seperti Anda adalah aset yang dapat membantu mewujudkannya.

7. Dapat bekerja dalam tim

Ini tidak selalu merupakan pekerjaan yang dilakukan secara individu. Ada kalanya bos Anda menyuruh Anda bekerja sebagai tim, biasanya untuk mengerjakan proyek, jadi keterampilan kerja tim diperlukan.

Tak heran, beberapa perusahaan mengikutsertakan group discussion session (FGD) dalam proses seleksinya. Dari sesi ini, perusahaan akan melihat kemampuan kolaboratif kandidat. Jika Anda setuju, Anda dapat melompat ke langkah berikutnya.

8. Memiliki aura positif

Ketika ditempatkan di lingkungan yang sama, rekan kerja saling mempengaruhi. Karyawan yang memiliki aura positif paling banyak dicari karena dipercaya dapat memberikan harapan atau motivasi bagi rekan kerja yang mulai malas.

Ketika seorang karyawan mampu mendongkrak moral rekan-rekannya, tujuan perusahaan mudah dicapai. Kinerja perusahaan secara umum telah meningkat, demikian juga citra perusahaan di masyarakat semakin baik.

Referensi:

Blitarkota

gaji lalamove